May 16, 2024, 2:12 pm

Istilah Perhotelan yang Wajib Kamu Ketahui Ketika Menginap di Hotel

Istilah Perhotelan yang Wajib Kamu Ketahui Ketika Menginap di Hotel
JAKARTA - Kamu wajib tahu nih istilah perhotelan ketika menginap di hotel agar tak salah kaprah karena ada banyak bahasa yang berbeda dari bahasa sehari-hari. Apalagi buat kamu yang sering banget traveling, kalau di dalam negeri masih bisa ditanya, nah kalau liburan ke luar negeri ini yang harus kamu ketahui.

Istilah perhotelan sebenarnya sudah cukup sering digunakan ketika kamu menginap di hotel. Contohnya saja reservasi atau booking. Ini adalah Proses memesan kamar hotel. Reservasi dapat dilakukan melalui telepon, email, website hotel, atau agen perjalanan.

Atau istilah perhotelan lain, seperti check in. Check in ialah proses masuk dan registrasi tamu di hotel. Saat check-in, tamu akan diminta menunjukkan identitas diri dan kartu kredit/debit untuk pembayaran.

Lalu ada pula Check-out yang berarti proses keluar dan menyelesaikan pembayaran di hotel. Saat check-out, tamu akan diminta menyerahkan kunci kamar dan menyelesaikan pembayaran biaya hotel.

Tiga istilah perhotelan itu sebenarnya sudah sering banget kan kamu dengar. Namun, ada lho istilah lain yang bisa kamu sinak dalam beberapa arti di bawah ini.

Berikut Istilah Perhotelan:

Reservasi/Booking: Memesan kamar hotel.
Check-in: Proses masuk dan registrasi tamu di hotel.
Check-out: Proses keluar dan menyelesaikan pembayaran di hotel.
Early check-in: Tamu yang datang atau masuk kamar sebelum waktu check-in.
Late check-out: Waktu tambahan yang diberikan oleh pengelola hotel setelah melewati batas check-out.
Extend: Perpanjangan waktu menginap.
Bill: Tagihan hotel.

Single room: Kamar untuk satu orang.
Double room: Kamar untuk dua orang.
Twin room: Kamar untuk dua orang dengan dua tempat tidur terpisah.
Triple room: Kamar untuk tiga orang.
Suite: Kamar yang terdiri dari beberapa ruangan, seperti ruang tamu dan ruang tidur.
Standar room: Kamar hotel dengan fasilitas paling dasar.
Superior Room: Kamar yang fasilitasnya sedikit lebih baik dari standar.
Deluxe Room: Lebih baik dari superior room, biasanya karena ukurannya lebih besar
Suite Room atau Presidential Suite: Kamar hotel paling mewah sampai menyerupai penthouse.
Family Room: Cocok untuk satu keluarga, biasanya dilengkapi dengan 1 ranjang besar dan 1 ranjang kecil untuk anak.
Connecting Room: Dua kamar bersebelahan yang memiliki pintu penghubung.

Istilah Perhotelan Soal Status Kamar

Vacant: Kamar kosong
Booked: Kamar sudah dipesan
Full Booked: Seluruh kamar sudah habis terpesan.
Occupied: Kamar terisi tamu.
Sleep Out: Kamar berisi tamu tapi tidak ada di kamar.
Vacant Dirty: Kamar kosong tapi kotor
Vacant Ready: Kamar kosong yang sudah bersih dan siap menerima tamu.

Istilah Perhotelan Soal Para Pekerja Hotel

Front Office atau Receptionist: Petugas yang melayani tamu saat check in atau check out.
Bell Boy: Petugas yang bertanggung jawab membantu tamu hotel.
Housekeeper: Pegawa yang bertanggung jawab untuk membersihkan kamar dan menjaga kebersihan area hotel.
Waitstaff: Pegawai restoran di dalam hotel yang melayani tamu selama makan dan minum.
Concierge: Pekerja hotel yang memberikan informasi kepada tamu, membantu dalam reservasi dan pengaturan aktivitas di luar hotel.

Istilah Makanan

A la carte: penyajian makanan dengan cara taking order, seperti warung atau lesehan.
Breakfast: Sarapan
Clear Up: Proses engambilan peralatan makanan yang sudah tak terpakai.
Cocktail: Minuman campuran beralkohol dan bahan lain, seperti jus buah atau sirup
Liquor/Liqueurs: Minuman beralkohol
Mocktail: Minuman tanpa alkohol yang terbuat dari campuran jus buah, soda, dan sirup.
Sunny side up: Telur mata sapi dengan kuning telur setengah matang

Istilah Perhotelan Harga dan Pembayaran

Deposit: Jumlah uang yang harus dibayar oleh tamu saat check-in, sebagai jaminan dan akan dikembalikan saat check-out.
Incidental Charges: Biaya tambahan yang mungkin timbul selama menginap, seperti minibar atau panggilan telepon.
Late Check-out Fee: Biaya yambahan jika ingin check-out lebih dari waktu yang ditentukan
Early Check-In: Biaya tambahan jika ingin check-in sebelum waktu standar
No-Show Fee: Biaya yang dikenakan jika tamu tidal datang dan tidah memberikan pemberitahuan pembatalan.
Room upgrade Fee: Biaya tambahan untuk upgrade jenis kamar yang telah dipesan
Service Charge: Biaya tambahan saat check-in sebelum waktu standar.
Calcelltion Fee: Biaya pembatalan reservasi setelah batas waktu yang ditentukan.
Gratuity: uang tip


Blog Post Lainnya
Contact Info
087878877684 Ocha
081380024649 Mayang
6285215327013 Fani
085922331010 Intan
admin@Wisatahalalindonesia.id
Alamat
Ruko Graha Cirendeu, Jl. Raya Cirendeu No.1D, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419
Jl Pengairan, Jl. Kp. Utan Jl. Irigasi Baru, RT.006/RW.002, Jaka Setia, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17147
Point lab Co Working Space GRAHA POS INDONESIA, Lantai 6 Jl. Banda No.30, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
@2024 Wisata Halal Indonesia Inc.