September 19, 2024, 1:54 pm

Biaya Haji Kemenag Tiap Tahun Kian Mahal, Begini Tips dan Trik Kumpulkan Dananya

Biaya Haji Kemenag Tiap Tahun Kian Mahal, Begini Tips dan Trik Kumpulkan Dananya
JAKARTA - Biaya haji Kemenag tiap tahunnya memang kian mahal karena dipengaruhi sejumlah faktor, tetapi kamu bisa lho untuk mengumpulkan dananya tahap demi tahapan. Ada sejumlah cara yang bisa kamu ikuti.

Memang tak bisa dimungkiri, setiap tahun memang ada saja kenaikan biaya haji Kemenag. Bahkan dari lima tahun terakhir, kenaikannya pun cukup drastis. Pada 2019, jemaah sendiri hanya membayarkan sekitar Rp 35 jutaan saja dari total BPIH Rp 69,1 juta. Saat Covid-19 melanda, jemaah haji Indonesia sendiri tak berangkat dalam dua tahun.

Lalu, pada 2022 jemaah haji harus membayar Rp 39,89 juta, tahun lalu Rp 49,9 juta, dan kini Rp 56,04 juta. Mahalnya biaya haji Kemenag itu karena dipengaruhi sejumlah faktor. Mulai dari transportasi di Arab Saudi, pesawat pulang pergi, penginapan, sampai konsumsi selama beribadah.

Akan tetapi, mahalnya ongkos naik haji itu bukan jadi alasan untuk tak menunaikan rukun Islam kelima tersebut. Ada sejumlah cara untuk kamu bisa mengumpulkan dananya. Pertama ialah rencanakan dari jauh-jauh hari. Semakin awal mulai menabung, semakin ringan beban finansial yang harus kamu tanggung. Buatlah rencana keuangan dan target tabungan bulanan.

Kamu bisa menyusun daftar keuangan dan kapan akan berangkat haji ke Tanah Suci. Tak perlu besar-besar menyisihkan uangnya, intinya cuma disiplin saja. Lalu berikutnya kamu bisa bikin rekening khusus haji. Ini sejalan dengan perencanaan yang kamu buat di poin pertama. Dengan membuka ekening tabungan khusus haji di bank syariah dapat membantu Anda menabung secara rutin dan disiplin. Beberapa bank menawarkan fasilitas autodebet yang memudahkan kamu menabung secara otomatis.

Investasi Bisa Jadi Salah Satu Opsi Kamu untuk Bisa Tebus Biaya Haji Kemenag

Dikutip dari Baznas.go.id, investasi bisa jadi opsi yang pas untuk kamu menebus biaya haji Kemenag. Selain menabung, mempertimbangkan untuk berinvestasi pada instrumen yang aman dan menguntungkan seperti reksa dana syariah, deposito syariah, atau emas. Investasi dapat memberikan imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan hanya menabung.

Kemudian, kamu juga harus segera mengurangi bahkan stop pengeluaran tak penting. Evaluasi pengeluaran bulanan kamu, niatkan dan kurangi biaya-biaya yang tidak penting. Dana yang dihemat bisa dikhususkan untuk tabungan haji.

Baznas juga menyarankan kamu untuk bisa memanfaatkan program pembiayaan haji. Beberapa bank syariah menawarkan program pembiayaan haji yang memungkinkan kamu berangkat haji lebih cepat dengan sistem cicilan. Pastikan kamu memahami syarat dan ketentuan serta kemampuan membayar cicilan sebelum memilih opsi ini.

Percaya deh, setiap niat pasti ada jalan. Termasuk pula dengan niat kamu menunaikan ibadah haji. Allah pasti akan membuka jalan selebar-lebarnya buat kamu untuk bisa menebus biaya haji Kemenag. Asal, kamu juga bisa disiplin ikuti tips dan trik di atas.



Blog Post Lainnya
Contact Info
087878877684 Ocha
081380024649 Mayang
6285215327013 Fani
085922331010 Intan
admin@Wisatahalalindonesia.id
Alamat
Ruko Graha Cirendeu, Jl. Raya Cirendeu No.1D, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419
Jl Pengairan, Jl. Kp. Utan Jl. Irigasi Baru, RT.006/RW.002, Jaka Setia, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17147
Point lab Co Working Space GRAHA POS INDONESIA, Lantai 6 Jl. Banda No.30, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
@2024 Wisata Halal Indonesia Inc.