July 13, 2024, 3:28 pm

Kiswah Kabah Diganti dan Langsung Catat Sejarah

Kiswah Kabah Diganti dan Langsung Catat Sejarah
JAKARTA - Sejarah baru untuk umat Islam tercipta setelah Kiswah Kabah akhirnya diganti pada saat pergatian tahun Hijriah. Ini menjadi sejarah karena kiswah diganti bukan pada bulan Zulhijah, seperti biasanya.

Kiswah Kabah adalah kain penutup berwarna hitam yang menyelimuti Kabah. Sekarang ini kiswah Ka’bah terbuat dari kain sutra berwarna hitam, yang dihias dengan tulisan Arab yang dijahit menggunakan benang emas. Kiswah Ka'bah mengalami berbagai macam perubahan seiring perkembangan zaman.

Perubahan ini mungkin masih belum banyak yang mengetahuinya, di mana kiswah Kabah pernah mengalami perubahan pada warna, jenis kain, oranemen hiasannya, hingga waktu pergantiannya. Pergantian kiswah sendiri sebenarnya menjadi hal yang rutin.

Akan tetapi, tahun ini berbeda. Kiswah diganti bertepatan dengan tahun baru Islam, 1 Muharram 1445 Hijriah. Ini menjadi sejarah tersendiri. Sebab, biasanya pergantian kiswah ini biasanya dilakukan pada 9 Zulhijah Hijriah. Hal ini bertepatan dengan momen saat jemaah haji melakukan wukuf.

Pergantian Kiswah Kabah Dikawal Ketat

Dikutip dari laman resmi Kemenag, penjagaan keamanan selama kegiatan penggantian kiswah pun tidak main-main. Tepat dari areal seberang multazam, ratusan petugas keamaan Masjidil Haram berbaris. Perlahan, mereka mulai bergerak mengelilingi Kabah. Dua lapis pagar portable pun dibuat mengelilingi Ka'bah, dengan jarak sekitar tiga sampai enam meter dari dindingnya.

Para petugas keamanan yang mengitarinya, menambah jarak antara Kabah dengan para jemaah. Meski demikian, jemaah yang sudah berada di dekat Kabah bisa melanjutkan ritual tawaf sembari menikmati detik-detik penggantian kiswah dari dekat.

Di beberapa sudut juga tampak para jemaah yang berfoto dengan latar belakang Kabah dan para petugas keamanan. Sembari menunggu momentum pergantian kiswah, jemaah melakukan berbagai aktifitas, seperti thawaf, membaca Al-Qur'an atau sekadar berzikir saja.

Raja Abdulaziz membentuk tim untuk mengganti Kiswah Ka'bah. Kiswah Ka'bah terdiri dari empat sisi terpisah dan tirai pintu. Masing-masing dari empat sisi itu dinaikkan secara terpisah ke puncak Kabah. Tim memasang setiap helai kain dari atas dan mengikatnya pada bagian bawah. Hal itu dilakukan pada keempat sisi Ka'bah. Tim kemudian meluruskan setiap garis dari keempat sisi dan menjahitnya.

Via Detik, Tim juga memasang beberapa tali. Pada bagian badan Kiswah Kabah, tim memasang 16 ikat. Sementara untuk lampu di bagian bawah, tim memasang 6 ikat dan 12 lampu. Kiswah Kabah suci itu terdiri dari 850 kg sutera mentah, yang diwarnai hitam di dalam kompleks, 120 kg benang emas, dan 100 benang perak.

Sekitar 200 pekerja profesional dan administrator yang bekerja di Kompleks Raja Abdulaziz untuk Kiswah Ka'bah Suci, semuanya adalah warga negara yang terlatih, berkualitas dan terspesialisasi.



Blog Post Lainnya
Contact Info
087878877684 Ocha
081380024649 Mayang
6285215327013 Fani
085922331010 Intan
admin@Wisatahalalindonesia.id
Alamat
Ruko Graha Cirendeu, Jl. Raya Cirendeu No.1D, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419
Jl Pengairan, Jl. Kp. Utan Jl. Irigasi Baru, RT.006/RW.002, Jaka Setia, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17147
Point lab Co Working Space GRAHA POS INDONESIA, Lantai 6 Jl. Banda No.30, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
@2024 Wisata Halal Indonesia Inc.